Ducati ST3 & ST3 S
Ducati ST3 & ST3 S

Ducati ST3 & ST3 S : Review & Panduan Pembelian

Ducati ST3 & ST3 S : Review & Panduan Pembelian

Ducati ST3 & ST3 S : Review & Panduan Pembelian – Pasti semua menginginkannya:
Ada kalanya kata ‘Ducati’ dan ‘touring’ dalam kalimat yang sama menimbulkan tawa sinis dan komentar sinis. Ya, pada pertengahan 1990-an sepeda motor Ducati adalah sentuhan, ok banyak, di sisi yang tidak dapat diandalkan, tetapi pada saat milenium baru tiba perusahaan telah diremajakan oleh berbagai perusahaan investasi dan tidak dapat diandalkan (umumnya) adalah sesuatu dari masa lalu . Di situlah ST3 masuk.

Diluncurkan pada tahun 2004, ST3 mengambil formula dasar dari model ST2 dan ST4 yang populer, tetapi memberikan sedikit perubahan. Didukung oleh mesin kepala tiga katup yang unik dengan dua katup masuk dan satu katup buang, ST3 menghasilkan tenaga sebesar 107bhp dengan torsi 72ft.lb, tetapi yang lebih penting lagi, desain kepala baru ini memberikan suara dengusan kelas bawah dari dua- klep ST2 dipadu dengan ujung atas yang sporty dari ST4 empat klep. Perpaduan yang ideal? Di atas kertas ST3 pasti bekerja dan pada kenyataannya juga sangat mengesankan.

Saat Anda mengendarai ST3, rasanya seperti V-twin malas yang indah yang Anda harapkan dalam tur olahraga. Setelah Anda mengatasi judder pada putaran rendah, V-twin menjadi hidup dan suka ditenagai melalui tikungan. Ini bukan sport tourer tercepat (Ducati sengaja menurunkannya untuk akselerasi yang lebih baik), tetapi penuh dengan semangat Bologna tanpa terlalu banyak gangguan terkait. Dan sasisnya juga sangat mengesankan.

Berdasarkan sasis ST2, ST3 menambahkan beberapa penyempurnaan. Selain menggunakan dasbor digital Multistrada, palang ST3 dapat dinaikkan atau diturunkan sebesar 20mm hanya dengan melonggarkan dua baut, kedua tuas dapat diatur rentangnya, jok lebih tebal dari ST2 dan terbuat dari busa yang lebih lembut, fairing lebih lebar dan lebih tinggi dan posisi lampu depan bahkan dapat diatur secara elektronik. Jadi pada dasarnya ini adalah ST2 tetapi lebih baik. Dan jika Anda memilih model S, Anda mendapatkan suspensi yang ditingkatkan dan bahkan ABS dalam paketnya.

Meskipun hanya sekitar beberapa tahun, keputusan Ducati untuk mematikan ST3 lebih berkaitan dengan perubahan pasar daripada refleksi pada kemampuan motor. Sepeda petualangan mengambil alih peran tur olahraga dan Multistrada perusahaan memenuhi brief ini, sayangnya meninggalkan ST3 yang berlebihan. Sebuah sepeda yang tentu saja tidak pantas mendapatkan umur yang pendek, meskipun jarang di pasar bekas, Ducati ST3 adalah pilihan yang bagus jika Anda menyukai ide SuperSport yang serba baru, tetapi tidak ingin membayar sekitar £ 10.000 untuk mesin yang hampir baru.

Ducati ST3 & ST3 S

Apa yang dicari:
Hampir semua yang ada pada model Ducati yang lebih tua bermuara pada riwayat servis dan karena ST3 menggunakan sabuk cam V-twin yang lebih tua, itu berarti Anda perlu melihat kapan terakhir kali diservis dengan benar atau Anda mungkin akan dibebani dengan tagihan yang besar. Jarak tempuh utama adalah 6000 mil, saat itulah ‘layanan demo’ jatuh tempo. Layanan ini melibatkan sabuk cam baru dan pemeriksaan celah katup, yang akan membuat Anda membayar lebih dari £500. Sabuk harus diganti setiap dua tahun terlepas dari jarak tempuh, yang merupakan tagihan sekitar £ 300, dan oli diganti setiap tahun. Untungnya, atau tidak tergantung kapan menyala, ST3 memiliki indikator peringatan servis di dasbor (kunci pas kecil), jadi selalu periksa untuk melihat apakah ini ditampilkan! Ketika Anda pergi ke forum, banyak pemilik yang secara religius menukar ikat pinggang setiap dua tahun tetapi melewatkan kelonggaran katup, itu adalah perjudian tetapi mereka tidak sering meminta izin mereka perlu diubah… Yang mengatakan, sepeda awal memang menderita katup buang yang terlalu aus panduan, yang harus diambil selama layanan desmo.

Menariknya, banyak pemilik melaporkan bahwa filter bahan bakar ST3 dapat tersumbat dan menggantinya tidak secara khusus disebutkan dalam jadwal servis, jadi jika motor terasa sedikit lesu untuk dikendarai, lihatlah untuk menukar item ini karena hanya biaya a beberapa pound.

Fairing ST3 cukup mudah dilepas, tetapi spion adalah mimpi buruk untuk dipasang kembali, jadi periksa saja posisinya dengan benar. Garpu Showa pada kedua model tidak memiliki masalah besar dan sementara guncangan Sachs pada sepeda stok tidak memiliki daya tarik tepi jalan dari hlins S, itu juga cukup kuat. Selalu periksa kebocoran dan kurangnya redaman pada sistem suspensi, serta sambungan yang rusak, tetapi kesalahannya sedikit dan jarang terjadi. Finishing juga cukup bagus, namun pemilik melaporkan cat bisa mulai mengelupas dari mesin jika tidak dibersihkan dengan baik setelah perjalanan musim dingin.

Selain relai dan sekering sesekali, sebagian besar pemilik melaporkan ST3 adalah sepeda yang sangat andal dan memiliki sedikit masalah besar. Sayang sekali Ducati berhenti membuatnya begitu cepat!

 

Ada pembaruan?
ST3 mungkin hanya ada selama empat tahun yang singkat, namun diperbarui pada waktu itu dan juga menumbuhkan saudara yang lebih sporty. Pada tahun 2005 motor ST3 memperoleh 5bhp dan torsi 3,9 lb-ft di samping kopling basah untuk membantu menjaga kebisingan dalam pembaruan kecil sebelum tahun 2006 melihat ST3 S bergabung dengan jajaran model. Menawarkan shock hlins dan slider berlapis TiN pada garpu Showa-nya bersama ABS, model S hanya bertahan dua tahun dan dihentikan bersama stok ST3 pada akhir 2007.

 

Apa yang harus dibayar untuk Ducati ST3 dan ST3 S (2004-2007):
Di mana model ST4 dan ST2 cukup banyak di pasar bekas, produksi pendek ST3 berarti lebih sulit untuk ditemukan. Hal ini membuat penetapan harga cukup sulit karena beberapa pemilik percaya kelangkaan mereka meningkatkan nilainya, namun pada kenyataannya Anda masih membeli sport tourer Ducati bekas yang cukup tua, jadi jangan membayar lebih karena tidak seperti superbike, ST3 tidak akan pernah menghargai dalam nilai. Dengan anggaran target antara £ 2.500 dan £ 4.000 untuk ST3 dan sekitar £ 3.000 hingga £ 4.500 untuk model S karena faktor bling ekstranya, Anda harus dapat mengamankan yang bagus.

 

Siapa yang harus ditanyakan:
Ada beberapa forum Ducati dan banyak yang memiliki sub-bagian yang didedikasikan untuk berbagai model perusahaan Bologna. Salah satu yang paling aktif adalah www.ducati.ms, tetapi Anda juga memiliki www.ducatiforum.co.uk dan Ducati Sporting Club di www.ducatisportingclub.com. Ada forum ST khusus di www.st-owners.com, yang merupakan titik awal yang baik karena memiliki banyak posting tentang kesalahan dan perbaikan dari pemilik yang menempuh jarak jauh pada model ST mereka.

About administrator

Check Also

Nismo Memperkuat Nissan

Nismo Memperkuat Nissan Frontier 2022

Nismo Memperkuat Nissan Frontier 2022 Nismo Memperkuat Nissan Frontier 2022 – Sebagian besar penggemar mengenal …