Alasan memori ponsel
Alasan memori ponsel

Alasan memori ponsel Android cepat penuh

Alasan memori ponsel Android cepat penuh

Alasan memori ponsel Android cepat penuh – Pengguna Android sering menghadapi masalah dengan ketersediaan memori di ponsel mereka. Sistem menunjukkan bahwa memori hanya menyisakan sedikit ruang, meskipun pengguna tidak mengunduh banyak aplikasi.
Smartphone Android memiliki memori mulai dari 16GB (yang jarang digunakan saat ini) hingga yang terbesar di 1TB.

Penyimpanan merupakan komponen penting dari sebuah ponsel. Ruang penyimpanan yang kecil dapat mengganggu kinerja ponsel.

Oleh karena itu, pengguna perlu memperhatikan ruang penyimpanan untuk melihat mengapa ruang penyimpanan di ponsel menyusut.

Ruang penyimpanan yang rendah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, selain karena digunakan oleh aplikasi bawaan dan aplikasi yang diunduh oleh pengguna.

Gambar dan video
Ponsel dengan kualitas kamera yang bagus menghasilkan foto dan video yang bagus. Bahkan sistem pesan instan sekarang memungkinkan untuk tidak mengirim file dalam ukuran aslinya.

Penggunaan handphone dalam jangka waktu lama tentunya akan membuat jumlah file foto dan video semakin banyak.

Selain itu, tren penggunaan media sosial juga mendorong produksi konten berupa foto dan video.

Pengguna dapat menghapus beberapa file foto dan video melalui aplikasi manajemen file untuk mengurangi ruang penyimpanan yang digunakan.

cache
Seperti yang disebutkan Otoritas Android, cache adalah data yang dibutuhkan ponsel untuk berjalan dengan cepat dan efisien, jadi membersihkan cache akan memiliki efek samping pada kinerja aplikasi.

Namun, jika pengguna ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar, cara ini bisa menjadi pilihan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus cache:

1. Buka bagian Pengaturan di ponsel Anda

2. Pilih Baterai & Perawatan Perangkat

3. Kemudian pilih Penyimpanan

4. Klik ikon di kanan atas lalu pilih “Opsi Lanjutan”

5. Pilih aplikasi lain

6. Kemudian Anda dapat memilih aplikasi yang cache-nya ingin Anda hapus.

peta offline
Google Maps memiliki fitur peta offline yang memungkinkan pengguna melihat peta tanpa menggunakan paket data. Ini akan sangat berguna, terutama di daerah dengan kualitas sinyal yang buruk.
Meskipun sangat berguna, peta offline yang disimpan di ponsel Anda memakan banyak ruang. Pengguna dapat menghapus peta offline yang diunduh dengan cara berikut:

1. Buka aplikasi Google Maps

2. Klik gambar profil Anda yang terletak di kanan atas.

3. Pilih Peta Offline

4. Klik ikon tiga titik di sebelah area yang diunduh

5. Pilih Hapus

Data aplikasi lama yang tersisa
Selain itu, data yang memakan terlalu banyak ruang mungkin merupakan data sisa dari aplikasi yang dihapus. Saat Anda menghapus aplikasi, data dari aplikasi itu terkadang tetap ada di telepon. Data tersebut biasanya berupa data unduhan, gambar, atau file pengaturan dari aplikasi.

Ruang penyimpanan yang lebih sedikit akan mengganggu produktivitas pengguna. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperluas ruang penyimpanan di ponsel Anda. Ini termasuk penggunaan kartu memori eksternal dan penggunaan penyimpanan cloud atau penyimpanan cloud.

Seperti yang disebutkan oleh Mobile Internist, jika Anda tidak menemukan alasan mengapa ponsel Anda kehabisan ruang penyimpanan. Melakukan factory reset bisa menjadi solusi untuk membuat ponsel Anda bersih kembali, namun backup dulu data Anda sebelum melakukannya

About administrator

Check Also

Cara sadap whatsapp

Cara sadap whatsapp tanpa ribet

3 METODE SADAP WHATSAPP Cara sadap whatsapp tanpa ribet – Mеlаkukаn ѕаdар аkun whаtѕарр mеruраkаn …